Trauma Dengan Dokter

Sejak kejadian Garin, aku agak-agak gak percaya sama dokter. Bayangkan selama hamil, aku ganti 3 dokter mulai Dr Otamar di MMC, Dr Ari Waluyo di RS Duren 3, dan Dr Bambang Sukaputra di RS Lombok 22… dan tak satupun dari mereka yang mengetahui bahwa Garin mengalami kelainan jantung… DESSSH… padahal aku rajin banget USG dan Doppler detak jantung janin.. semua OK.. gitu deh kata dokter-dokter itu. Yah… jadi pelajaran juga dink…!! Menurut googling di internet, kelainan jantung pada janin dapat diketahui pada 20 minggu kehamilan. Tapi kalaupun ketahuan dari awal juga kita sebagai manusia gak bisa berbuat apa-apa sih… cuma bisa memutuskan sejak dini apa yang harus dilakukan.

Pengen segera dititipkan lagi oleh Allah adiknya Garin sebagai obat untuk menyembuhkan luka hati ini… tapi kan maunya yang sehat, normal (AMIEN..) Makanya aku cari tau dokter terbaik … pertama aku ke Prof. Dr. dr Ichramsyah di Budhi Jaya… karena dah profesor jadi menurut kami dia dah punya banyak pengalaman. Pertama ke sana, aku di suruh Test TORCH, tes hormon dan tes kibrik… oke deh.. kita jalanin semua.. hasilnya semua IgG-ku positif, meskipun IgM semua negatif… bingung donk… setelah googling di internet ternyata IgG positif tuh gak papa.. itu artinya dulu kita pernah terinfeksi virus tersebut, tapi sekarang dah tidak lagi… yang positif itu antibodynya. gitu deh. untuk hormon FSH, Prolactin dll… semua dalam batas normal (ALHAMDULILLAH). Pertemuan kedua dengan Prof Iam, menurut beliau batas IgG Rubellaku tinggi (3 kali lipat dari batas normal), akhirnya aku di kasih resep untuk nyilangin virusnya. Agak bingung juga sih.. soalnya kalo menurut internet, hal tsb bukan masalah selama batasnya tidak lebih besar dari 10 kali lipat batas normal (itu yang aku baca…) Hmmmmm….. Sooo????!!! yaa… nurut aja deh….. cuma minum obat doank kok….

Untuk hasil tes kibrik, aku di rujuk ke Dr Indra Mansyur masih di budhi jaya. Bete banget deh nungguin tuh dokter , jadwal prakteknya sih Jam 6-8.. dateng deh aku jam 6.. eh ternyata tuh dokter datengnya jam 09.15 bo…!! Capeee deh… nungguin 3 Jam… pas giliran gak sampe 5 menit bo di dalem.. doi gak mo jelasin kalo kita gak nanya. Menurut beliau ASAku sangat tinggi, yakni 4096 sedang batas normal 64… jauh kan…?? Trus kami di suruh untuk jalanin terapi PLI, dan tidak boleh hamil selama terapi kurang lebih 3-5 bulan… 😦 What…!! Lama betul…

Setelah aku Googling lagi mengenai tes kibrik dan terapi PLI ini .. ternyata sudah ditinggallin 20 tahun yang lalu, karena dianggap tidak valid. Hmmm… makin pusing kan?? Akhirnya kita cari second opinion, susah betul nyari dokter yang tepat untuk kasusku ini. Tanya-tanya deh sama mas momon, suaminya Ulix sobatku di surabaya yang kebetulan dokter kandungan juga. Itung-itung konsultasi Gratis..hehehe….. menurut mas momon, sebaiknya aku konsultasi ke dokter kandungan spesialis fetomaternal (kelainan janin)… googling lagi deh cari dokter yang bagus (internet jadi andalan nih… 🙂 thank u internet), ketemu deh calon dokterku.. Dr Noroyono Wibowo… ternyata doi praktek di RS Bunda dan Hermina Jatinegara. Akhirnya ketemu juga deh sama tu dokter di RS Bunda Menteng . Orangnya asyik… jelasinnya juga enak… aku diketawain karena ikutan tes kibrik … huaaaa…. Menurut dokter bowo kelainan jantung anaknya yang kompleks (ASD, VSD, PDA, TGA) itu bukan karena rubella, tapi kemungkinan karena sperma yang jelek, enzim, atau obat. Tapi dari hasil analisis sperma, menurut doi baik kok… trus kalo masalah enzim katanya ilmu kedokteran gak sanggup untuk mendeteksi hal tsb, karena enzim pembentukan itu berubah tiap menit… (Jadi ONLY GOD CAN DO THAT….) .. jadi kemungkinan gara-gara injeksi penguat rahim sewaktu aku hamil 2 bulan dan 3 bulan (Jadi ceritanya pas awal hamil aku sempet bleeding 2 kali) masih menurut doi, kalo janin dah tidak bagus oleh tubuh ibu di buang (seleksi alam ceritanya) .. ya.. mungkin waktu itu janinku emang sudah tidak bagus, makanya terjadi pendarahan.. tapi karena di suntik.. jadi si janin masih bertahan. Tapi ya jadinya janinnya kurang bagus deh… itu masih kemungkinan loh… untuk lebih detilnya .. sekali lagi cuma Allah yang tau… 🙂

Jadi aku disuruh cek darah lengkap, untuk mempersiapkan bahan-bahan pembentukan bayi yang terbaik…  semoga aku dapat segera hamil dengan sehat AMIEN…

8 respons untuk ‘Trauma Dengan Dokter

  1. waktu aku hamil dulu sih, dokter kandunganku bilang kalau kelainan jantung bisa di deteksi sedini mungkin and dia juga kash lihat lewat USG bagaimana kondisi jantung janinku. alhamdullah jantung anakku sehat. sampe debur jantungnya pun terlihat jelas lho..dalam memilih dokter kandungan emang harus selektif ..and InsyaAllah sih, aku akan pake dokter irvan adenin lagi utk kehamilanku ke dua..(tunggu 1 tahun lagi tapinya..hehehe)

  2. Salam kenal Mbak Suci. aku lg googling ttg dr. Ichramsyah eh ketemu blog Mbak.. Kebalikan nih sama ceritanya Mbak Suci. Aku mau cr second opinion..trus disuruh mamaku ke dr. Ichramsyah ini.. sedangkan dokterku sebelumnya ya dr Noroyono Wibowo. Jd dr Ichram ngga recommended ya Mbak??? Trus pengalaman dengan dokter Bowo gimana Mbak??

  3. purdia said: Salam kenal Mbak Suci. aku lg googling ttg dr. Ichramsyah eh ketemu blog Mbak.. Kebalikan nih sama ceritanya Mbak Suci. Aku mau cr second opinion..trus disuruh mamaku ke dr. Ichramsyah ini.. sedangkan dokterku sebelumnya ya dr Noroyono Wibowo. Jd dr Ichram ngga recommended ya Mbak??? Trus pengalaman dengan dokter Bowo gimana Mbak??

    salam kenal juga… dokter cocok2an sih ya mbak.. kenapa emang dr bowo? aku sreg aja seh ama dia :), mungkin krn masalahku kan kelainan janin..jd tepat sasaran dr bowo ahli fetomaternal… 🙂 kalo prof ichramsyah ahli hormon ato apa gitu yah.. lupa hehehe…. nah skr tergantung masalah mbak apa..aku sejak sebelum hamil sampe melahirkan masih sama dr bowo.. trus temen2ku beberapa juga pake dia deh hasil rekomendasiku…. hehe..

  4. pippybabywear said: waktu aku hamil dulu sih, dokter kandunganku bilang kalau kelainan jantung bisa di deteksi sedini mungkin and dia juga kash lihat lewat USG bagaimana kondisi jantung janinku. alhamdullah jantung anakku sehat. sampe debur jantungnya pun terlihat jelas lho..dalam memilih dokter kandungan emang harus selektif ..and InsyaAllah sih, aku akan pake dokter irvan adenin lagi utk kehamilanku ke dua..(tunggu 1 tahun lagi tapinya..hehehe)

    iya mbak dokterku yg pertama bukan ahli usg kali ya.. karna emang seharusnya kelainan jantung bisa terdeteksi dini ..kalo ama dr bowo tiap usg aku minta liatin jantung bayiku.. alhamdulillah semua normal 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s